Rabu, 23 April 2014

Tentang Saya Sebagai Mahasiswa



         Tentang Saya Sebagai Mahasiswa   


            Di sini saya sebagai Mahasiswa mengambil Fakultas Teknologi Industri dan khusunya saya mengambil jurusan Sistem Informasi. Alasan saya mengambil jurusan Sistem Informasi karena saya suka dengan komputer dan hitung – hitungan .Saya juga sadar kalau saya kurang baik berkomunikasi dengan orang lain maka dari itu saya mengambil fakultas teknologiindustri .Awalnya saya sebenarnya ingin masuk ke jurusan Teknik Informatika, namun waktu tes masuk ke Universitas Pembangunan Nasional saya tidak keterima di Teknik Informatika, melainkan di Sistem informasi pilihan kedua pada saat itu .Saya sebenarnya kepingin tukar masuk ke jurusan Teknik Informatika tapi di suruh bayar uang pendaftaran lagi sebesar Rp350.000 namun saya tidak mau Mungkin jurusan sitem informasi ini jalan yang terbaik untuk saya pribadi   dan saya harus menjalani ini dengan sungguh – sungguh tapi saya tidak tahu apa itu Sistem Informasi.dan mempelajari apa saja yang ada di sistem informasi ini .
Awal pertama kali waktu mengikuti kegiatan Ospek saya sangat senang menjadi Mahasiswa UPN Veteran Jatim dan saya mengikuti kegiatan – kegiatan OSPEK itu dengan senang .Sesudah kegiatan OSPEK selesai ,hari berikutnya saya masuk pertama kali untuk mengikuti mata kuliah saya di suruh mengisi Apa itu sistem informasi dan Alasan masuk jurusan ini ? ,terus bertanya ke teman saya sebangku dia juga tidak tahu apa itu sistem informasi saya tertawa dan menjawab sama saja sama aku . Hari berganti hari saya telah mengikuti pelajaran / mata kuliah yang di ajarkan oleh dosen Sistem Informasi. Saya tertarik dengan mata kuliah Interporsonal Skill , saya berfikir saya harus bisa mengikuti pelajaran tersebut karena mata kuliah ini sangat berguna bagi saya yang kurang mampu untuk berkomunikasi di masyarakat luar atau kalaya umum di mata kuliah ini saya di ajarkan banyak hal dan banyak cerita lucu – lucu yang tidak bisa saya lupakan di mata kuliah ini sebagai mahasiswa .Di sini saya banyak pengalaman yang tidak bisa di rasakan pada waktu SMA dahulu. Mata kuliah ini sangat membantu saya untuk berkomunikasi dengan masyarakat karena saya dahulu kurang baik kalau berkomunikasi dengan orang lain .pengalaman saya waktu menikuti mata kuliah Interpesonal Skill ini waktu ada tugas Final Project yang disuruh mewawancarai kriteria orang yang berdeda-beda seperti bencong ,tokoh agama ,pejabat ,pekerja seks komersial ,preman , dan orang militer .Yang berkesan buat saya waktu mewawancarai tugas interpersonal skill ini saat mewawancarai bencong karena saya salut dengan kejujurannya dan tidak malu dengan profesi yang dijalaninya padahal banyak orang yang mecacimakinya .Pengalaman berikutnya mencari pekerja seks komersial sangat sulit dan menegangkan untuk mewawancarainya karena pekerja seks komersial tersebu sangat tertutup sama orang dan saya dikira wartawan untuk mewawancarainya berbeda jauh dengan mewawancari bencong – bencong di kembang kuning itu .Kemudian hari saya beputus asa tidak mewawancarai PSK soalnya saya muter – muter di kembang kuning ,ndoli ,dan di belakang stasiun wonokromo PSKnya tidak mau saya berfikir untuk kembali ke kembang kuning itu untuk mencari PSk yang mau diwawacarai lagi .Setelah saya ke kembang kuning lagi ada PSK yang kliatan sudah tua terus saya menghampiri orang PSK itu terus tiba-tiba ada orang laki-laki menghampiri saya juga dan ternyata orang itu adalah seorang germo wanita itu saya ngomong dengan baik-baik sama germo itu akhirnya germo itu bisa diajak kompromi dengan mewawancarai PSK di kembang kuning itu tapi saya tidak boleh merekam langsung muka dari PSK itu . Kemudian ada pelajaran / mata kuliah lain yang membuat saya juga tertarik. Yakni mata kuliah Pengetahuan bisnis. Di pelajaran tersebut saya mulai sedikit tahu bagaimana cara melakukan kegiatan bisnis dengan baik dan benar. Saya sangat berterima kasih dengan dosen yang mengajari saya mengenai bisnis dan interpersonal skill , dosen tersebut bernama Pak Novianto Pujiraharjo, S.Kom. Dari beliau saya mencoba untuk melakukan bisnis dan berkomunikasi dengan baik orang lain Saya sangat senang dengan kedua mata kuliah ini tapi saya masih belum bisa mempraktekanbisnis tersebut. Saya harus bisa belajar mempraktekkan kedua mata kuliah itu karena sangat baik waktu sudah lulus kuliah.
Di jurusan Sistem Informasi ini, saya mengikuti komunitas Mahasiswa Interest Oracle (MIO) supaya saya ada kegiatan di kampus dan bisa menambah pengalaman buat saya pribadi . Di komunitas ini, saya belajar tentang pemograman. Cukup banyak ilmu-ilmu baru yang dapat saya ambil dari komunitas ini. Di komunitas ini juga membantu saya untuk mengerjakan pekerjaan / tugas kuliah yang menurut saya susah. Tidak hanya itu, di komunitas ini kita di ajarkan juga untuk membuat / mengadakan seminar. Dari situ, saya bisa mengetahui bagaimana tugas tiap divisi saat akan mengadakan seminar. Saya mencoba untuk menjadi painitia seminar mulai dari divisi dokumentasi, divisi keamanan, devisi konsumsi. Saya sangat senang mengikuti seminar yang diadakan MIO yang menjadi divisi keamanan saat seminar itu dilaksanakan dan menjadi pengalaman yang pertama untuk seorang panitia seminar waktu manjadi mahasiswa UPN Veteran .di sini saya diajarkan tentang cara bekerja secara kelompok agar acara yang kita buat bersama berjalan dengan lancar dan baik .Sekian dulu yang bisa saya ceritakan tentang pengalaman saya waktu menjalani perkuliahan di UPN Veteran dan pengalaman saya saat ini waktu ada tugas mata kuliah dan mengikuti kegiatan di kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar