Kamis, 01 November 2012

Penerapan IT Dalam Kehidupan Sehari-hari



Media penyampaian informasi saat ini sudah berkembang dengan pesat. mulai dari penyampaian informasi melalui televisi, radio, sampai dengan internet. semu itu merupakan media yang digunakan untuk penyampaian informasi yang masih digunakan saat ini. Berbeda dengan dahulu, penyampaian informasi hanya bisa disebarkan melalui lisan secara langsung. Perkembangan teknologi informasi yang pesat ini dapat menjadikan suatu pekerjaan menjadi lebih mudah. Dahulu, jika ingin mengirim surat ke seseorang, maka harus mengantarkan surat tersebut ke orang yang dituju dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi sekarang dengan menggunakan pesan singkat (sms) kita bisa langsung mengirim pesan ke orang yang dituju dengan cepat, mudah dan murah.
Sejak itulah penggunaan sms sudah mulai digunakan dalam penerapan teknologi informasi sehari-hari. Short Message Service atau disingkat sms merupakan layanan pesan singkat yang banyak digunakan di kalangan masyarakat. Baik itu kalangan bawah, menengah, maupun kalangan atas. Penggunaan layanan ini merupakan pengiriman dan penerimaan teks dari dan ke media handphone atau telepon genggam. Dengan adanya pesan singkat ini semua aktifitas dapat dikerjakan dengan cepat karena sms ini merupakan teknologi informasi hasil buatan manusia.
Layanan pesan singkat ini sudah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap waktu, para remaja selalu menggunakan layanan pesan singkat ini. karena dengan layanan ini dapat membuat keinginan mereka lebih cepat selesai. Penggunaan layanan pesan singkat di Indonesia sudah sangat pesat. Terbukti dengan banyak berdirinya operator seluler yang saat ini masih bisa melayani layanan pesan singkat ini. Operator seluler yang pertama ada yaitu Indosat, Telkom,
Teknologi informasi saat ini sudah merupakan bagian hidup  masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Penerapan teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat, karena masyarakat butuh komunikasi. dengan adanya teknologi informasi ini menjadikan komunikasi lancar, lebih mudah dan dapat menghemat waktu. Teknologi informasi masih akan terus berkembang sesuai dengan berkembangan akal fikiran manusia. Yang terpenting dari penerapan teknologi informasi adalah pemakaiannya yang tidak melanggar aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Pemakaian teknologi yang baik dan bijak akan membuat hidup menjadi lebih baik.
Ini adalah fakta yang diakui bahwa penerapan Teknologi Informasi dalam kehidupan kita sehari-hari telah berubah secara dramatis selama beberapa tahun. Teknologi informasi digunakan dalam setiap bidang kehidupan seperti pendidikan komunikasi bisnis perdagangan pengobatan dan Bisnis perbankan dll menginvestasikan dana besar menjadi tren teknologi baru serta menawarkan kesempatan bisnis untuk beroperasi secara lebih efektif melalui penerapan teknologi informasi.
Mari kita lihat contoh komunikasi seperti yang telah pasti mengubah cara hidup kita sehari-hari. Beberapa tahun yang lalu kita digunakan untuk berkomunikasi melalui tulisan tapi sekarang kita berkomunikasi dengan menggunakan jaringan informasi seperti telepon ponsel internet dll Aplikasi TI telah banyak berubah seperti sekarang kita dapat berkomunikasi melalui pesan teks email dan berkomunikasi melalui instant messaging di MSN messenger Facebook dan bahkan dalam bentuk Tweets di Twitter. Jadi telah berubah secara signifikan komunikasi di dunia dari waktu ke waktu.
Teknologi informasi telah berubah pesat selama bertahun-tahun terutama di bidang komputasi. Saat ini kurang lebih setiap rumah tangga memiliki iPod atau komputer atau beberapa produk Apple terkait. Kami tahu memiliki komputasi awan serta server virtual. Panjang memiliki hari-hari yang memerlukan server sendiri untuk menjalankan hal. Sekarang Anda dapat melibatkan dalam outsourcing online. Tinggal di timur Anda dapat bekerja di barat dan mendapatkan sejumlah uang.
Komunikasi yang selalu terjadi di dalam kehidupan manusia semakin berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan teknologi juga begitu berperan dalam perkembangan komunikasi tersebut. Pada zaman sekarang yang sering disebut era telekomunikasi, peranan teknologi sangat dibutuhkan agar komunikasi dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
            Telekomunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan dari satu orang ke orang lainnya yang terkendala oleh jarak dan waktu. Teknologi yang diperlukan dalam telekomunikasi adalah telepon, radio, telepon seluler, fax, dan satelit. Dari beberapa alat komunikasi tersebut, tentu kita semua pernah menggunakannya. Namun, ada satu alat yang eksistensinya benar-benar patut diacungi jempol. Alat tersebut adalah telepon seluler atau yang lebih sering kita sebut handphone (HP).
            Handphone adalah perkembangan telepon yang lebih modern. Bila dibandingkan dengan telepon, maka handphone bisa dikatakan lebih unggul dan praktis untuk digunakan. Telepon yang kita pakai di rumah membutuhkan kabel agar dapat dipakai. Sedangkan handphone, tidak membutuhkan kabel lagi untuk berkomunikasi dan mudah dibawa kemanapun kita pergi.
            Penggunaan handphone sudah berlangsung sejak tahun 1973 meskipun masih dalahm tahap percobaan. Pada masa tersebut, handphone pertama yang muncul adalah merk Motorola. Handphone Motorola ini ditemukan oleh seorang pria bernama Martin Cooper yang berkediaman di New York. Nenek moyang dari handphone ini meluncurkan seri pertamanya pada tahun 1983.
            Handphone pada awal kemunculannya masih berbentuk besar. Beratnya bahkan hampir mencapai 500 gram. Pada masa ini, kemampuan dari handphone masih bersifat terbatas oleh jarak tertentu. Ada jangkauan yang menjadi area berfungsinya handphone, jika melewati jangkauan maka secara otomatis tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi. Layanan dari handphone yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi ada 2, yaitu telepon dan SMS. Dengan menggunakan layanan telepon, kita dapat berbicara langsung dengan orang yang kita mau kapan pun dan di mana pun. Sama seperti telepon yang digunakan di rumah, layanan telepon cara yang paling praktis untuk berkomunikasi. Selain itu, dengan telepon kita juga dapat langsung terhubung dengan orang yang dimaksud tanpa perlu menunggu lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar